Minggu, 19 Desember 2010

Corporate Information Management

CIM (Corporate Information Management)


Apakah yang dimaksud dengan CIM??? Kalau kita artikan Corporate Information Management adalah suatu informasi yang menjelaskan atau mendeskripsikan suatu sifat dari management yang tidak terikat dengan implementasi tertentu.

Dalam suatu perusahaan, CIM mempunyai peranan yang sangat penting karena CIM bertugas dalam pembuatan ide, perencanaan informasi, menghilangkan informasi yang berlebihan dan yang tidak diperlukan dalam perusahaan, memastikan perusahaan mentaati undang-undang, dan menaikan laba atau keuntungan penjualan dalam suatu perusahaan.

1. Pembuatan Ide

Di dalam sebuah perusahaan ide merupakan modal utama dalam melakukan suatu kegiatan, oleh karena itu ide sangat penting untuk memajukan perusahaan. Mulai dari memberikan informasi baru yang dibutuhkan perusahaan dan langsung melakukan tindakan yang cepat terhadap informasi tersebut.

2. Perencanaan Informasi.

Setelah pembuatan ide maka kita harus merencanakan suatu ketetapan informasi yang telah didapat agar mendapatkan hasil yang diinginkan, misalnya adalah sebuah perusahaan mendapatkan ide untuk membuat inovasi baru, maka ide tersebut harus direncanakan dengan matang agar perusahaan dapat mengetahui tindakan yang harus diambil selanjutnya.

3. Menghilangkan informasi yang berlebihan.

Pada bagian ini suatu informasi akan mengalami penyaringan artinya apabila ada informasi yang berlebihan maka informasi tersebut akan dihilangkan karena suatu informasi yang berlebihan akan menghambat proses perencanaan suatu perusahaan. Dengan demikian setiap informasi yang masuk ke dalam sautu perusahaan adalah informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga tidak mengeluarkan biaya tambahan yang berlebih,

4. Memastikan kepatuhan pada undang-undang.

Undang-Undang sangat penting untuk memperkuat posisi suatu perusahaan, baik dari sisi pemegang saham, atau client perusahaan tersebut. Setiap tindakan perusahaan akan diatur oleh undang – undang agar suatu perusahaan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku.

5. Meningkatkan laba

Pada bagian ini CIM memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal oleh bisnis, misalnya pengembalian investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan resiko bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar